Home Humas

Kerjasama dan Kemitraan

SMA Negeri 8 Jakarta saat ini menjadi salah satu sekolah Negeri di Jakarta yang menjadi rujukan dan tempat studi banding sekolah-sekolah lain di seluruh Indonesia. Menurut catatan pada tahun pelajaran 208/2009 terdapat 36 kunjungan studi banding dari sekolah lain dan meningkat menjadi 45 pada tahun pelajaran 2009/2010.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas melalui benchmarking atau pembandingan dengan institusi lain yang setara maka SMA Negeri 8 Jakarta menjalin sister school dengan sekolah-sekolah lain di dalam negeri, Singapura, Australia, Turki dan Thailand. Kerjasama dengan sekolah-sekolah mitra dalam bentuk pertukaran informasi tentang kurikulum, silabus, kegiatan kesiswaan bahkan sampai dengan magang guru dan siswa.

Untuk mendorong semakin banyak lulusan yang diterima di perguruan tinggi favorit baik di dalam dan luar negeri maka dijalin kerjasama dengan perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri seperti UI, ITB, UGM, NTU, SMU (Singapura), Asia Pasific University, Keio University, Nagoya University (Jepang), Murdoch University, Curtain University of Technology (Australia) dan lainnya. Kerjasama dalam bentuk penyediaan informasi masuk ke perguruan tinggi tersebut, informasi beasiswa, informasi tempat tinggal dan biaya hidup selama menempuh pendidikan.

Kegiatan yang telah dilakukan sebagai tindak lanjut kerjasama tersebut adalah workshop siswa dan guru di Singapura (NTU dan SMU), summer camp di Jepang (APU), Homestay and university visit ke Amerika Serikat dan pengiriman guru memenuhi undangan studi banding ke Australia.

Di samping itu SMA Negeri 8 Jakarta terus berupaya menjalin kerjasama dengan banyak lembaga pendidikan lain baik negeri maupun swasta dalam rangka selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. Termasuk Menjalin kerjasama dan komunikasi dengan alumni dari beragam latar belakang pendidikan dan profesi.